Pages

Kuliner Bandung : Soto Bandung Ojo Lali

Soto Bandung makanan yang terdiri dari potongan kotak daging sapi, dengan lobak dan taburan kacang kedele. Terlihat gampang membuat makanan ini. Akan tetapi, saya sendiri hampir belum pernah sukses membuat sajian ini. Tantangan masakan ini adalah, bagaimana menghasilkan rasa gurih dari daging dengam kuah yang bening.

Lumayan sering ngintilin Akang ubek-ubek jalan cibadak, tapi baru kali ini saya diajakin Akang makan di restoran soto ini. Plang namanya mungkin ga keliatan kalau menyusuri trotoarnya, atau cibadak dengan macetnya memang bikin saya buru-buru pengen pulang kalau sudah beres keperluan membeli keperluan untuk mansukids.

Soto Bandung Ojo lali ini memang absurd nama jawa tetapi menjual masakan khas Bandung. Ga usah dipikirin! Apalah arti sebuah nama.

Cerita Tentang Soto Bandung Ojo Lali
Soto Bandung Ojo Lali ini sudah ada sejak tahun 1940-an. Dokumentasi artikel pada sekitar tahun 80-an juga dipajang di salah satu pojok di restoran ini.


Konon dulu soto ini di jual dengan cara berkeliling, oleh Ma Karta dan Ma Endi (potonya juga dipanjang berdekatan dengan artikel yang saya sebutkan tadi, tapi saya lupa memotonya). Dari rintisan kedua pendirinya tersebut akhirnya berdiri restoran soto bandung bernama 'OJO LALI'.
Ah, pastilah soto ini spesial bisa bertahan selama ini, sekitar 76tahun. Wajib dicoba banget.

Soto Ojo Lali Bandung
Tidak ada dekorasi yang mencolok dari restoran ini. Tapi 'rasa' tempo dulunya masih kental terasa.

Di restoran ini ada menu pelengkap yang lain dan jus. Penasaran dengan menu andalan restoran ini, saya hanya memesan soto bandung serta nasi dan teh tawar hangat (gratis).

Sama dengan kebanyakan soto bandung, soto disini juga terdiri dari potongan kotak kecil daging yang sangat lembut, dengan irisan tipis lobak, taburan kacang kedele goreng, dan kuah bening yang gurih sekilas terasa citarasa daun surawung. Kuah soto ini lembut tetapi guriiih banget.

Ini adalah soto bandung terenak yang pernah saya makan dan idlan pun tampak menikmati soto ini, makannya lahap. Pantaslah kuliner yang satu ini bertahan lebih dari 4 generasi.

Restoran ini ternyata punya beberapa cabang. Tapi yang di jl. Cibadak merupakan cikal bakal dari restoran ini.

Harga Soto Bandung Ojo Lali
Harga semangkok soto bandung disini dibandrol 24rb dan 1 porsi nasi 5rb rupiah. Porsi soto sih tidak terlalu banyak tetapi cukup untuk saya bilang kenyang dan enak. Serupalah dengan namanya 'OJO LALi', memang susah banget melupakan citarasa soto bandung yang satu ini.


Ini cerita Ambu karena setiap Ibu punya cerita. Bagaimana ceritamu?

:: 19 Agustus 2016::

Alamat Soto Bandung Ojo Lali:
Jl. Cibadak no. 79 Bandung
Telp. 022-4201907






Rekomendasi artikel lainnya

Mansu Kids

1 komentar:

  1. Wih..dari tahun 1940-an..dari jaman bandung belum macet sampe sekarang udah semrawut berarti ya..haha. Wajib dicoba nih..

    BalasHapus