Pages

Kuliner Bandung : Kupat Tahu Gempol

Saya penyuka makanan berbumbu kacang, kupat tahu di jl. Gempol kulon Bandung, merupakan favorit keluarga kami untuk menikmati sarapan pagi. 

Kupat tahu merupakan makanan khas sunda yang terdiri dari: tahu, toge rebus dan disiram bumbu kacang.

Kupat tahu gempol sih secara tampilan fisik tidak banyak berbeda dengan kupat tahu pada umumnya. Cita rasa bumbu kacang yang dominan manis memang khas, mungkin agak giung bagi lidah yang tidak terlalu suka manis bisa ditambahkan sambal bagi penyuka rasa pedas. 

Yang membuatKupat tahu ini berbeda (lagi), menggunakan tahu cibuntu (bandung) yang terkenal sangat lembut di goreng tidak terlalu kering. Kerupuk yang digunakan berbeda dari kupat tahu kebanyakan. seperti kerupuk yang digunakan pada lontong padang.

Tapi beneran ini kupat tahu "Legend" banget, cobain ya kalau kamu ke bandung.

Sejarah Kupat Tahu Gempol
Konon kupat tahu ini sudah ada sejak sekitar tahun 1975-an. Kupat Tahu Gempol ini dikelola oleh H. Achdan dan istrinya Ibu Yayah.

Sampai sekarang si-ibu masih suka membantu melayani menyiapkan sajian untuk para pembelinya. bahkan ada jokes dikalangan terbatas, ga dilayanin ibu-ibu makan kupat tahu gempol palsu. Hehehe, jangan dianggap serius yaa ;)

Kupat Tahu di jl. Gempol kulon Bandung
Walaupun banyak artis yang sering makan kupat tahu disini. Jangan bayangkan ini serupa kafe-kafe mewah, cuma kedai kecil dengan tempat makan seadanya, tapi bersih loh yaa. Tapi yang unik, warung ini berada dibawah pohon yang besar sekali, dan ada semacam perkampungan rumah pohon disini. Kalau pagi, udaranya segar sekali.

Kupat tahu ini membuka cabang di beberapa tempat. Tapi tetap saja, warung di jl. gempol ini menjadi tempat paporit (lidah sunda).

Tak jauh dari warung ini ada juga penjualgorengan: bala-bala (bakwan) dan aci yang bisa jadi pelengkap menyantap kupat tahu ini. Untuk menu yang berbeda 50meter dari warung ini, tepatnya dibelakang rumah pohon ini kita bisa membeli roti hand made yang fresh dari oven.

Ini postingan Akang tentang Roti Gempol

Kalau kami, suka beli roti di gempol dan dimakan di warung kupat tahu, Hehehe.

Harga Satu Porsi Kupat Tahu Gempol
Saya suka beli bumbunya, bisa ditambah dengan sayur dirumah, jadi deh gado-gado. Sebungkus bumbu kacang, dihargai 5ribu rupiah. Lumayaaan kan hemat tenaga, emak-emak tukang irit.

Satu piring kupat tahu gempol ini dihargai 15ribu rupiah saja. Lebih mahal ya kalau dibandingkan dengan kupat tahu pada umumnya. 

Tapi worth it dengan "rasa" yang ditawarkan.

Ini cerita Ambu, karena setiap ibu, punya cerita.

Lokasi 
kupat Tahu Gempol
Jl. Gempol Kulon no. 53 Bandung
Telp. (022) 4260809






Rekomendasi artikel lainnya



Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar