Pages

#breastfeeding911 : Sukses Memberi Asi Dalam Berbagai Kondisi

Alhamdulillah kali ini Ambu dapat kesempatan belajar langsung dari pakar Asi terkenal : dr. I. G. A. N. Partiwi, Sp. A, MARS. dan dr. Luh Karunia Wahyuni, SP. KFR.
Acara yang diselenggarakan oleh majalah Ayah Bunda, Ikatan Bidan Indonesia, dan PigeOn memang menggandeng pakar yang kece banget. Dan Ambu memang butuh banget asupan nutrisi ilmu mengenai ASI untuk menyambut kehadiran (insyaallah) bayi kembar Ambu.


Dapat informasi kece acara ini dari instruktur yoga kesayangan, Teh Nena, dan  kemudian Ambu menghubungi Ibu Lia, ketua Pokja  PKK kota Bandung. Alhamdulillah Ambu dapat free seat 😍.

Terimakasih untuk Pokja PKK kota Bandung. Alhamdulillah dengan pembicara kece dan ilmu yang mahal ini bisa Ambu dapat gratis 😍

Dan yeaaa Ambu bisa foto dengan dr. Tiwi 😄

Foto Ambu bareng dr. Tiwi

Nametag dan voucher makanan


Pembicara pertama dr. Tiwi kemudian diikuti oleh dr Luh.


Asi diciptakan sangat spesifik
Iya, ASI diciptakan oleh Tuhan sangat spesifik, nutrisi yang dikandung asi sesuai dengan kebutuhan dan usia bayinya.

Asi awal adalah kolostrom (cairan emas) 5-7 hari pertama. Pada usia ini kondisi usus bayi adalah kondisi terburuk, dan Tuhan menciptakan asi pada kondisi ini dengan kuantitas sedikit dengan kualitas terbaik. Kondisi usus bayi yang masih bolong-bolong mampu ditambal oleh protein yang dikandung ASI.

Perbandingan kandungan ASI dengan Susu yang lain

Asi memang diciptakan memang untuk memenuhi nutrisi otak manusia yang merupakan 2% dari tubuh manusia. Berbeda dengan susu sapi yang memang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan otot, itulah kenapa bayi sapi dalam periode 47hari setelah lahir tubuhnya dapat menyamai berat induknya. Sedangkan pada ASI, bayi baru mencapai 2x berat lahir dalam usia 6 bulan.

Ukuran lambung bayi
Hari ke-1: 5-7 ml sebesar kelereng
Hari ke-3: 22 - 27 ml sebesar bola pingpong
Hari ke-10: 60-80 ml sebesar telur ayam
Hari ke-30: 80-150 ml sebesar telur bebek

Jadi ketika bayi baru lahir, jangan khawatir apabila ASI yang keluar dirasa masih sedikit. Terus lakukan pelekatan dan bayi harus menyusu dalam frekuensi sesering mungkin. Karena proses stimulasi dari bayi akan mengaktivasi kelenjar untuk menghasilkan ASI. 

Kunci keberhasilan menyusui
1. Edukasi ibu hamil 
Ibu dan calon ibu harus memahami beda asi dan susu formula
2. Inisiasi menyusui dini (IMD)
Ini merupakan respon pertama dari bayi mengenali Ibu dari bau air ketuban. Proses komunikasi bayi dan Ibu pertama kali secara langsung. 
3. Proses pelekatan
Skin to skin itu penting, merupakan proses bonding dan ternyata bakteri yang ada pada kulit ibu juga meningkatkan imunitas bayi.

Inisiasi menyusu dini (IMD)  bisa digantikan sementara oleh ayah bayi apabila Ibu belum bisa melakukan IMD, semisal pasca operasi, setelah Ibu cukup kuat IMD bisa dilanjutkan oleh Ibu. Lebih lama skin to skin lebih bagus. Selama tidak ada indikasi utk sc,  sebaiknya jangan memilih untuk operasi.

Memberi ASI bukan hanya memberi nutrisi tapi memberikan kekebalan yang bersifat general sedangkan vaksinasi untuk memberikan kekebalan spesifik. 

Tips menyusui untuk Ibu Bekerja di ranah publik
Ibu bekerja bisa terus menyusui, yerus evaluasi berat badan bayi. Jika dirasa berat badan bayi cukup dan ada pertambahan, mulai memerah ASI 2-4 minggu sebelum masa cuti selesai.

Harus pandai mengatur waktu usahakan bayi menyusu sampai kenyang pada pagi hari, misal: jam 4 pagi menyusu langsung kemudian gunakan ASI perah yg baru diperah dari kantor kemarin, apabila dirasa kurang baru menggunakan ASI perah yang disimpan di freezeer.

Pilih media yang lain, jangan langsung menggunakan dot. Pilih alternatif yang lain untuk pemberian ASI perah ke bayi dan selalu memonitor dan evaluasi untuk berat badan bayi.

Daya Tahan ASI Perah
Kualitas asi yang disimpan di freezeer merupakan kualitas terburuk.  Untuk kandungan laktosa masih cukup bagus sedangkan untuk antibodi kondisinya sudah menurun.

Asi perah yang disimpan di freezer 2 pintu  Dapat bertahan dalam waktu 2bulan,  Untuk kulkas 1 pintu dengan freezer yang berbeda dapat bertahan 2minggu. ASI perah yang disimpan di pendingin biasa mampu bertahan 2 hari sedangkan ASI perah yang telah dikeluarkan dari pendingin hanya mampu bertahan selama 2 jam. 



Kemudian pembicara diteruskan oleh dr. Luh menjelaskan mengenai proses menyusui lebih detil.



Menyusui adalah sakral
Menyusui merupakan proses sakral. Hal ini  ternyata juga dilihat dari sisi Medis.

Mulut pintu dunia untuk bayi. Puting payudara bagian yg sensitif dari ibu dan mulut bagian sensitif dari bayi. Proses terus menerus akan menjadi respon untuk bayi mendapatkan asi dan hormon ibu untuk mengeluarkan asi. 

Proses pemberian asi pada bayi
1. Positioning
Diperlukan stabilitas dari kepala, leher,  dan bahu utk fungsi promotor adekuat. Leher sejajar pungggung, panggul Menekuk tangan menekuk ke arah mulut. Pada posisi begini diagfragma bagus dan kemampuan menelanya akan baik. Oleh kerena itu, bayi sebaiknya tidak dibedong lurus. Selain akan mempengaruhi posisi bayi ketika menyusu juga akan mempengaruhi perkembangan tulang panggul bayi. 

Posisi tangan ke mulut dan panggul menekuk (usia sampai 3bulan). Usia 4bulan sudah mulai aktif dan sudah tegap leher dan sudah bisa mengontrol sendiri gerakannya. 

2. Refleks rooting
Tangan harus mendekat ke mulut. Respon ini mempersiapkan bayi untuk menghisap. Tangan bayi yang berada didekat mulut juga ikut menggapai payudara Ibu dan meremas-remas. Hal ini juga membantu proses massage dan keluar ASI lebih banyak.

Itulah mengapa bayi tidak menggunakan sarung tangan, banyak tujuan bayi memasukan tangan ke mulut:
1. Mengenali fisiologis tubuh
2. Refleks muntah ke belakang
3. Mulai mengenali padat pada usia 3-4 bulan. 
4. Mulai memasukan kaki, di usia sekitar 5bulan, pada saat yang sama berlawanan gravitasi.
5. Persiapan bayi menuju MPASI sudah terbiasa dengan benda padat. 

3. Menempel pada puting
Bayi membuka mulut lebar dan melapa semua bagian areola payudara Ibu. 

4. Menghisap
Mulut bayi harus dower, sampe mendapat semua areola. Lidah membentu huruf T, dan memijat-mijat lembut puting payudara Ibu sampai ASI keluar. 

Apabila bayi bisa non nutritive sucking (nns) bayi bisa saja melakukan nutritive sucking (ns)  yg normal. 

5. Menelan
Menelan merupakan gerakan refleks,  Lidah mendorong cairan ke belakang. Mulut tertutup. 

6. Koordinasi menghisap-menelan-bernafas
Proses koordinasi ini memerlukan fungsi pernafasan yang baik. Masyaallah proses menyusui merupakan hal yang kompleks.  Melibatkan kerjasama bayi dan Ibu 💖.
Proses menyusu mempunyai dampak sangat besar untuk pertumbuhan, perkembangan bayi,  kualitas kesehatan dan keterampilan sosial serta kemandirian di kemudian hari. 


Diskusi
1. Kapan sebaiknya insisi (pengguntingan lidah bayi) dilakukan?
Jawab:
Insisi seharusnya tidak dilakukan selama fungsinya bisa dilakukan dengan baik . Indikasinya lakukan proses monitoring dan evaluasi berat badan bayi. Selama berat bayi bertambah artinya proses menyusui terjadi dengan baik.

2. Bagaimana solusi untuk menyusui bagi Ibu yang mengidap penyakit?
Jawab:
Ibu tidak boleh menyusui bayi Cuma dua yaitu: Ibu yang mengidap penyakit HIV dan atau sedang melakukan proses kemoterapi. Solusinya bisa dengan menggunakan donor ASI tentu sebelumnya dilakukan screening ASI terlebih dulu demi kesehatan bayi. Atau pilihannya jatuh pada susu formula.

Untuk ibu yang sedang mengidap sakit cacar, apabila luka cacar ada di payudara dan kawatir menular ke bayi bisa dilakukan pumping ASI. Proses menyusui sendiri tubuh ibu dengan sendirinya mengeluarkan antibodi sehingga mempercepat penyembuhan Ibu.

3. Berkaitan posisi bayi saat menyusui, ada mitos kalau bayi yang tidak dibedong maka kakinya akan membentuk huruf O, itu bagaimana ya dokter?
Jawab:
Untuk tungkai bayi usia 0-18 bulan tungkai bentuk O, yang harus diwaspadai adalah apabila di usia ini tungkai bayi membentuk huruf X.
Diatas usia 18bulan tungkai bayi menjadi lebih lurus, dan menjelang dewasa terutama pada wanita tungkai membentuk huruf X.

4. Sedang hamil 34 minggu dan payudara sering basah, apakah itu disebut kolostrum?
Jawab: Iya, itu merupakan kolostrum.  Cukup bersihkan saja. Jangan disimpan di kulkas seperti asi perah karena kualitasnya akan berbeda setelah disimpan di freezer.

5. Bayi lahir dengan berat 2,9kg, kemudian turun menjadi 2,7kg. Nah sekarang usia bayi 2minggu, haruskah menambah susu formula untuk bayi? Karena setiap kali selesai menyusu bayi selalu menangis.
Jawab:
Tidak perlu ditambah susu formula.
Di awal usianya berat bayi akan turun 10% dari berat lahir, jadi kalau berat lahir bayi 2,9kg maka penurunan berat badan bayi maksimal 290gram.

Hal ini terjadi maksimal pada 10hari dan paling lama pada 14 hari. Untuk bayi yang lahir normal hari 3 berat badan bayi bisa naik, untuk bayi yang lahir sc bisa lebih lama. Hari ke 5 baru naik, naiknya itu 5 gram sehari .

Evaluasinya, bayi naik Bb 20 gram sehari setelah 14hari.

Bayi mulai tenang pada usia 6 minggu. Bayi menangis itu salah satu komunikasi bayi, dan homeostatis bayi itu pada usia 3bulan. 

Kapan ibu mempertimbangkan asi harus ditambah dengan nutrisi tambahan? 
Mengupayakan terus menyusui dengan frekuensi yang sering, dibantu dengan massage pada payudara.

Perbedaan komposisi ASI:
1. ASI yang encer tinggi laktosa, berguna untuk antibodi tubuh
2. Hindmilk (ASI yang kental) tinggi lemak, berguna untuk menambah berat badan bayi.

Cara yang lain bisa perah ASI suapkan pada bayi dengan menggunakan sendok. Sambil terus menyusui secara langsung. Fase 0 - 4 bulan merupakan waktu untuk monitoring berat badan bayi. Idealnya di usia 6bulan berat bayi sama dengan dua kali berat lahir.

Kesimpulan
Bayi menyusui adalah proses belajar. Ada kerjasama antara ibu dan bayi. Jangan cepat putus asa. Dengan berjalannya waktu prosesnya akan mendapatkan hasil Terbaik. Pahami menyusui proses yg kompleks,  terutama 3 bulan pertama, perlu kerja keras.

Sayangnya, Ambu tidak mendapatkan kesempatan bertanya. Padahal ingin sekali bertanya mengenai management menyusui pada bayi kembar dari mulai IMD dan sehari-hari. Tapi alhamdulillah, ilmu yang di dapat hari ini juga sudah luar biasa. Dan Semangat meng-ASI-hi  😍.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan makan siang. Kemudian mendapatkan goodiebag dengan isi yang banyak banget yang dari sponsor yaitu: majalah Ayah Bunda dan PigeOn. Terimakasih 💖.

Ini cerita Ambu karena setiap ibu punya cerita, semoga cerita kali ini bermanfaat ya 😘.

Bandung, 27 Januari 2018
#breastfeeding911






Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar