Pages

Pindang Ikan Patin Palembang Ala Ambu

Kebetulan pas belanja di Om Agus (baca: Tukang sayur langganan), ada ikan patin masih fresh dan ukurannya cukup besar. Mengolah ikan menjadi tantantan buat saya, pasalnya salah mengolah dan kerasa amis ikan sedikit saja Akang bakalan ga mau makan 😕.

Memutuskan untuk beli, dan seperti biasa dikasih bonus sebungkus bumbu komplit 😍. Sambil berpikir, mau saya apakan Ikan patin ini.

Searching googling akhirnya memutuskan untuk bikin pindang ikan patin khas palembang. Sedikit nyontek dari resep Mbak Endang Indriani dan kemudian Saya modifikasi.

Pindang ikan patin ini yang bikin saya ngiler banget ketika dulu saya hamil Idlan. Dulu ketika masih di Jambi dan berlimpah ikan, Ibu menggunakan Ikan baung sebagai pilihan ikannya.

Bahan
1. 1 ekor ikan patin ukuran besar
2. Air secukupnya
3. 2 buah tomat apel potong-potong
4. 1/2 Nenas madu potong potong
5. 2 sendok air lemon

Bumbu halus
1. 5 siung bawang putih
2. 7 siung bawang merah
3. 2 buah cabe merah bisa tambahkan cabe rawit untuk cita rasa lebih pedas
4. 1cm jahe
5. 2cm kunyit yang sebelumnya dibakar

Bumbu lainya
1. 2 batang serai memarkan
2. 5 lembar daun jeruk haluskan
3. 1 cm lengkuas memarkan
4. 5 lembar Daun salam

Mengolah ikan patin
Kebetulan untuk membersihkan ikan saya minta bantuan tukang sayur 😜. Saya lanjutkan dengan mencuci bersih sampai darah benar-benar hilang. Oh ya, Saya tidak menggunakan bagian kepala dari ikan patin.

Beri perasan jeruk lemon, beri sedikit garam. Masak air sampai mendidih dan masukan ikan patin. Tunggu sampai 3-5menit. Angkat dan tiriskan.

Pindang Ikan patin palembang
Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus kemudian masukan bumbu lainnya sampai mengeluarkan aroma sedap. Aromanya menggoda, sabaaar ambuuu...ini ujian 😂.

Kemudian masukan ikan patin yang sudah ditiriskan tadi. Tambah air sampai mendidih, masukan air perasan air lemon kemudian potongan tomat dan nanas. Beri gula garam, koreksi rasa dan angkat.

Penyajian
Sajikan bersama nasi hangat. Menurut Akang beliau memberi saya nilai 8 untuk masakan ini 👏🏻👏🏻👏🏻. Rasanya asem-asem gurih segar.



Menu ini juga bisa dijadikan alternatif untuk yang sedang menjalankan diet kenyang ala dewi hughes. Tinggal skip menggunakan minyak goreng ketika menumis bumbu. Dan skip gula dan garam. Dan saya coba tanpa gula garam dan minyak, tentu saja menikmati tanpa nasi rasanya tetap 👌🏻.

Ini cerita Ambu karena setiap Ibu punya cerita.

Bandung, 13 Juni 2017




Mansu Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar