Pages

Resep Urap 'Salad' Khas Indonesia

Urap merupakan salad khas indonesia yang terdiri dari beberapa jenis sayuran matang yang diberikan bumbu berupa kelapa. Nah kalo menu begini, sayur-sayuran begini, sebaskom juga Akang bisa abis sendirian :p.

Urap adalah hidangan salad berupa sayuran yang direbus dan dicampur kelapa parut yang dibumbui sebagai pemberi citarasa. Urap biasa ditemukan dalam masakan Indonesia, berasal dari masakan Jawa. Biasanya menjadi pelengkap di tumpeng atau nasi kuning. 
(Sumber: Wikipedia)

Berikut ini resep urap yang biasa Saya bikin.
Bahan bumbu kelapa:
1. Kelapa parut 1/4kg
2. Bawang merah 3siung
3. Bawang putih 5siung
4. Kencur 1/2 ruas jari
5. Cabe rawit sesuai selera
6. Gula merah secukupnya
7. Gula secukupnya
8. Garam secukupnya
9. Daun jeruk 2lembar
10. Minyak
11. Air asam jawa (saya skip)

Bahan sayuran:
1. Bayam/kangkung
2. Toge
3. Labu siam
4. Kol
5. Wortel
6. Kacang panjang

Sebetulnya untuk urap bisa pakai sayuran apa saja yang tersedia. Akan tetapi enam jenis bahan sayuran ini paling sering digunakan. Saya sendiri hanya menggunakan toge, labu siam, dan bayam.

Cara membuat:
Haluskan bumbu kelapa kecuali kelapa. Tumis dengan sedikit minyak (sedikit aja ya). Masukan kelapa. Silahkan aduk kelapa (masih di dalam katel dengan api kecil) supaya bumbu teraduk sempurna. Teruskan memanasi bumbu kelapa tersebut sampai tekstur agak kering.

Sebelumnya sayuran di cuci dengan air mengalir. Untuk Sayuran hijau, di blench. Rebus di dalam air mendidih yang sudah diberi garam 3-5menit. Angkat sayur, dan tiriskan. Untuk sayuran lain, dikukus selama 5-7menit.

Cara penyajian:
Potong-potong sayuran sesuai selera, sajikan taburkan dengan bumbu kelapa. Nikmati dengan nasi hangat dan tambahan ikan asin lado mudo

Banyak versi untuk memasak bumbu kelapa urap ini. Ada yg dikukus juga. Kalau saya lebih memilih cara masak yang saya lakukan, ha ini bertujuabn agar bisa menyimpan sisa bumbu kelapanya di kulkas. Dan berikutnya bisa bikin urap (lagi) dengan stok bumbu kelapa. Jadilah lebih efisien tenaga ~ hehehe emak-emak pemalesan :p.

Bumbu bisa tahan yang disimpan di kulkas di dalam kotak kedap udara, bisa bertahan maksimal 1minggu. Lebih dari itu? Belom pernah mencoba. Semakin cepat habis ya semakin baik, karena kualitas bumbu kelapa masih baik tentunya.

Ini cerita Ambu karena setiap Ibu punya cerita. Bagaimana ceritamu?
#AmbuBukanKokiHandal

Mansu Kids

4 komentar:

  1. ambuuu.. masak melulu ihhh. aku ingin, cuman seringnya kalah sama rasa malas hahahaha.. x))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyetok bahan makanan setengah jadi bu, jd masaknya ga akan lama...karena bumbu dan bahan2nya udah ada dan bersihh...

      Hapus
  2. Kl saya alasannya ga sempat masak. Padahal ga bisa masak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga bukan koki handal mbaak..banyakan gagalnya drpd berhasiilnya hihi semangaat!

      Hapus