Pages

Menyapih dengan cinta, kami bisa!

Menyapih dengan Cinta, Kami Bisa!

Ibu-ibu yang lagi galau, si kecil belum bisa disapih?
*tos sama saya heheheh.

Masa menyusui adalah masa indah untuk saya. Dan Saya berkeinginan dan berusaha untuk mengisi masa usia emas anak-anak saya dengan hal-hal baik yang akan mereka ingat sampai dewasa. menjaga bonding yang terjalin selama masa 2tahun menyusui. Buat saya sebuah pencapaian yang sangat membanggakan, apabila sebagai ibu kita berhasil menyusui anak-anak kita sampai selesai, dan menyapihnya dengan baik.

iya, A idlan 2y6day, sampai sekarang juga masih nenen. Sudah di hypnosleeping dari beberapa bulan lalu. Sempet mendapatkan pencapaian yg luarbiasa pas usia idlan 22month, doi udah mulai kurang nenen dan belajar tidur sendiri tanpa nenen. Naah, memasuki 23months doi malah makin lengket, belum ada kemajuan untuk proses sapih ASInya. Dan sekarang doi udah dan bilang oke, kalo dibilangin, "aa udah gede, kalau haus minumnya di gelas aja ya"
atau kalau liat boneka nunjuk2 nenen dan bilang "kicil" (baca: buat adek kecil ASInya). Teori siy doi udah ngerti...tetapi prakteknya. Fa-daaa...masih suka narik-narik kalo udah kebelet pengen nenen :(

semalem sih idlan berusaha untuk tidur sendiri tanpa nenen, sudah minta minum susu di gelas, minum air putih, didongengin, dan baca buku cerita. doi ga nangia tapi wajahnya memelas kaya yg bilang, please atulah Ambu udah ngantuk dan butuh nenen. Ambunya nyerah, nempel nenen ga sampai 5menit doi tidur pules banget. tuh ya..ini mah Ambunya jg masih labil..hikshiks.

ni fotonya setelah minum susu di gelas 2hari lalu, cekrek cekrek biar kekinian hihi



Orangtua Jaman dulu mungkin punya banyak cara untuk menyapih, misal: mengolesi niple dengan brotowali yang super pahit, kunyit yang kuning merona, dan plester atau obat merah untuk kemudian mengarang cerita bahwa niple ibu berdarah sakit dan bla-bla. Tetapi memyapih dengan cinta, Weaning with love (WWL), tanpa melukai hati ibu dan tanpa melukai hati anak, itu sama sekali tidak mudah.

Saya sendiri masih berproses, doakan semoga saya istiqomah tidak mendengarkan bisikan-bisikan tetangga untuk menggunakan metode selain WWL. Berikut ini tips agar sukses WWL alakadarnya yang saya rangkum dari berbagai sumber dan teman-teman yang memilih metode WWL:
1. Bina Komunikasi dengan si kecil.
sekecil apapun anak tetap bisa mengerti dan memeiliki kemampuan untuk memahami kata-kata orang di sekitarnya terutama ibunya. beri pengertian 'kalo haus nenennya di gelas aja ya".
2. Liat kesiapan dari si kecil
liat kondisi dari anak, dengan komunikasi yg udah dibina mengenai WWL pemahaman anak sudah muncul. Akan tetapi jangan paksakan menyapih dalam kondisi anak sedang sakit.
3. Kesiapan dari ibu
Mengenai proses menyapih anak bukanlah hal mudah yang dilakukan Ibu. Perjuangan berat ketika seorang ibu memutuskan untuk tidak memberikan ASI lagi. Perasaan sedih, kehilangan, tidak hanya dirasakan oleh anak tapi juga oleh ibu.
4. proses dilakukan secara bertahap
Mengurangi frekuensi menyusui dan menggantinya dengan bentuk kenyamanan yang lain seperti membacakan dongeng, membelai rambutnya. atau dialihkan dengan aktifitas lain tetapi ingat jangan mengalihkan dengan memberikan dot atau empeng.
5. Support team dari Ayah
Ayah memegang peran dalam proses penyapihan, mungkin proses rutinitaa sebelum tidur peran Ibu dapat diambil Alih oleh Ayah.
6. Jangan tergoda menyapih dengan mengolesi kunyit, brotowali seperti itu ya...namanya juga Menyapih dengan cinta hehehe. Bagaimanapun yang alami lebih baik kan?
7. Ibu harus konsisten dengan peengurangan frekuensi menyusui dan sampai dengan tidak mnyusui. Jangan merasa sedih atau putus asa jika anak masih terus minta menyusu walau sudah dikondisikan untuk disapih. Terus jalin komunikasi mengenai WWL kepada si kecil.

Weaning With Love adalah cara terbaik, tanpa paksaan, dan tanpa membuat ibu merasa bersalah berkepanjangan, sumbernya lupa dari mana, *selfnote.

Semoga saya bisa istiqomah ya, menikmati proses WWL ini.
Buat Ibu-Ibu yang sedang menyapih, Bersemangatlaaah !!!
Ini cerita Ambu, karena setiap ibu Punya cerita. Bagaimana ceritamu?

#ODOP99Days
#Days15
#WWL

Mansu Kids

2 komentar:

  1. iya ambu, waktu itu sempet sedih mau menyapih fais. bener lho, mamanya juga harus siap dan ikhlas. waktu itu aku pakai metode sounding dari jauh2 hari, mengurangi frekuensi menyusui dan minta support dari papa fais untuk nemenin fais tidur malam selama beberapa hari ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih yaa sebetulnya,
      Kaya putus cintaaa yaaa :(
      Tapi haruuus

      Hapus